Jumat, 03 Desember 2010

Kofiau Bepon dan Orang Beser.( SUKU BESER )


Bagian 2

Kofiau Bepon dan Orang Beser.( SUKU BESER )

Sebelum orang beser dating dari Waigeo Selatan untuk mendiami kepulauan Kofiau pada akhir Abad ke-19 dan awal Abad ke–20 maka sebelumnya sudah ada orang yang lebih dulu mendiami kepulauan kofiau ini. Kedua orang yang pertama dating dan sebagai perintis yang mendatangi kofiau adalah Aiburan dan Ayahnya Wairomi, mengisahkan bahwa pada waktu mereka dating di pulau kofiau untuk petama “Orang Kofiau Mula-mula” ( Kofiau Bepon ) Sudah tidak adala lagi di kampong Kofiau. Hanya ada satu dua / beberapa orang yang mendiami pedalaman Kofiau, dengan memakai Cidaku Merah dana Berambut Panjang.

Bukti adanya orang kofiau mula-mula adalah sampai dengan saat sekarang ini masinh terdapat Benteng Batu, Pecahan Priring Dulu, Kulit Bia ( Kerang ) di Pedalaman Kofiau, bahkan samapai sekarang masih terdapat piring-piring antic yang masih utuh, batu asah dan lain sebagainya. Bukti-bukti lain adalah pohon-pohon sagu dan hutan cempedak yang sudah ada sebelum penduduk beser dating untuk mendiami pulau kofiau.

Terlintas dan menjadi pertanyaan ; KEMANAKAH KOFIAU BEPON itu pergi ?

Tidak ada yang tau dan menjelaskan , namun dapat di analisa bahwa Kafiau Bepon itu punah dari Hongi-hongi ( Rak ) yang pada waktu lampau berkecamuk anatara suku-suku Halmahera dan Suku-suku Raja Ampat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar