Selasa, 30 November 2010

GUGUSAN PULAU KOFIAU

(Group of beautiful island Kofiau )

Kepulauan Kufiau adalah serangkaian pulau yang membentuk satu kesatuan georafis.

Kupulauan ini terbentuk dari serangkaian pulau yang kurang lebih berjumlah 32 buah pulau termasuk Pulau Besar ( Sub Bakken ) dan gugusan Rew ( Pulau Boo ). Perkampungan pada Pulau ini berada pada lokasi-lokasi beberapa pulau yang letaknya berada pada bagian utara gugusan pulau ini( Kofiau Besar ), tiga pulau besar yang dijadikan olkasi pemukiman penduduk adalah, DEER, DIBALAL dan TOLOBI . Nama –nama desa/kampong disesuaikan dengan nama-nama pulau tersebut, lataknya membujur dari utara ke timur atau sebaliknya.

Pulau Kofiau besar dan pulau-pulau lainnnya dijadikan sebagai tempat mata pencaharian penduduk, misalnya : untuk membuat kebun,bercocok tanam, berburu dan lain sebagainya.

Dalam struktur organisasi pemerintahan kepulauan ini telah menjadi sebuah Distrik sejalan dengan terbentuknya kabupaten Raja Ampat, maka Kepulauan Kofiau telah menjadi sebuah distrik sendiri.

Nama “Kofiau” sendiri berasal dari kata “kopia”. Konon pada saat yang lampau pada masa Karajaan Jailolo, raja Jailolo pernah pergi ke daerah persinggahan di pulau “mikiran”(* saat itu raja lupa akan “Kopia”nya. Yang kemudian tempat persinggahan (mikiran) ini kemudian tempat itu di beri nama “Jailolo”. Pulau Jailolo sendiri terletak antara Pulau Tolobi dan Dibalal, ada dua pulau Jailolo di sana yang kemudian dikenal dengan Pulau Jailolo Kecil dan Pulau Jailolo besar. Seluruh gugusan pulau ini yang di Namakan Pulau Kofiau, yang kemudian menjadi satu distrik kini.

Peristiwa “lupa” atau ketinggalan Kopia Raja Jailolo di pulau-pulau mikiran ini dicatat oleh Raja Waigama bahwa ”Kopia” (Kofiau ) dapat di artikan “Yang terlupakan sedangkan Pulau-pulau Mikiran yang sekarang ini adalah Kofiau.( Bersambung..... )

*)Pulau Mikiran kini disebut Pulau Kofiau, *) Kopia adalah Topi atau penutup kepala bagi kaum moeslim juga disebut sebagai peci,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar